Sabtu, 12 Maret 2016

SEDIKIT PENJELASAN TENTANG IKAN MAS

Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Sedikit penjelasan tentang
 IKAN MAS






Ikan Mas Merupakan salah sau jenis ikan tawar yang harga nya cukup mahal. Konon ikan mas ini sudah di budidayakan oleh masyarakat Indonesia sejak 200 tahun silam namun belum pasti data yang menyebutkan kapan tepatnya ikan mas ini mulai di budidayakan. Terlepas kapan ikan mas ini di budidayakan hingga saat ini komoditas perikanan masih cukup digemari oleh masyarakat . hal ini disebabkan oleh cita rasanya yang sangat istimewa ikan mas ini juga hampir tidak mengandung kolestrol sehinggag sangat aman untuk dikosumsi para penderita kolestrol tinggi. Ikan mas ini pun merupakan spesies Cyprinus carpio yang termasuk dalam family Cyprinidae dengan bentuk tubuh yang pipih memanjang. Ikan ini memiliki mulut yang terletak di ujung tengah tubuhnya . pada bagian mulut tersebut terdapat duapasang sungut. Sementara warna tubuhnya sangat bervariasi ada yang warna-warni (kombinasi), ada yang Merah, kekuningan, hitam, hitam kehijauan, dan putih. Secara umum bagian tubuh ikan mas ini terdiri dari bagian yaitu : Kepala, Badan, dan Ekor.

Lingkungan Hidup Ikan Mas

Lingkungan asli ikan mas adalah perairan dangkal yang mengalir pelan dengan suhu yang sejuk seperti di Danau-danau ataupun di sungai-sungai. Ikan ini pun menepi sambil mencari makanan yang berupa binatang-binatang kecil seperti jintik nyamuk yang merupakan makanan alami yang sangat di gemari oleh ikan mas. Ditepi-tepi danau maupun sungai ikan mas ini meletakan telur-telurnya pada rerumputan yang menjorok ke perairan. Lingkungan optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan mas yaitu perairan yang berada pada ketinggian antara 150-1.000 mdpl dengan suhu antara 20-250C dan pH idel adalah 6,5-7,5.

Jenis Ikan Mas

Membedakan jenis ikan mas sebetulnya cukup sulit namun ada beberapa ahli yang membedakannya dari segi fisik. Misanya dari bentuk sisik ataupun warna tubuhnya namun pembagian berdasarkan kreteria tersebut dianggap kurang mengena. Dan supaya bias mendapatkan keturunan murni dari ikan mas maka seseorang pakar perikanan Dr.A.L Buschkiel mencoba untuk menetapkan jenis ikan mas berdasarkan cirri-ciri sisiknya. Tergolong dari pengolongan jenis ikan mas ini yang belum ditetapkan secara pasti dari segi biologinya. Dipasaran banyak dijumpai berbagai jenis ikan mas diantaranya adalah ikan mas majalaya, ikan mas punten atau karper, ikan mas kancra domas, sinyonya, fancy carp, kumpai, Dll.


Ikan Mas Majalaya



Ikan Mas Majalaya Merupakan salah satu jenis ikan mas unggulan yang diperoleh dari hasil seleksi yang dilakukan oleh seorang petani di Cipedas. Majalaya (jawa barat) seleksi tersebut diakukan selama 7 tahun yang selesai pada tahun 1974. Ikan mas Majaaya ini memiliki warna tubuh yang hijau kehitaman, bentuk badan reatif lebih membungkuk, gerakannya lebih jinak. Ikan mas ini memiliki laju pertumbuhan yang cukup baik sehingga sangat cocok dibudidayakan.


Ikan Mas Punten Atau Karper



Ikan Mas Punten Atau Karper Diperoleh dari hasil persilangan yang dilakukan di daerah punten jawa timur pada tahun 1919-1920. Ikan ini memiliki warna tubuh hujau kehitaman dengan mata menonjol dan bentuk tubuhnya panjang dengan punggung lebar.


Kancra Domas

Kancra Domas Memiliki sisik yang ukurannya kecil dengan warna tubuh agak kemerahan dan terdapat garis membujur pada bagian tengah tubuhnya yang membatasi dengan bagian perut yang bewarna keperakan. Bagian punggung tanpak gelap atau hijau kehitaman dengan susunan sisik keci-keci yang tidak teratur.

Sinyonya

Sinyonya Biasa disebut juga dengan si putrid yogya karena memang berasal dari daerah Yogyakarta. Bentuk dan ukuran sisiknya sama seperti ikan mas pada umumnya dengan warna kuning muda, Mata tidak terlalu menonjol dengan bentuk normal saat masih muda, sedangkankan ikan yang sudah tua memiliki mata yang agak sipit.

Fncy Carp

Fncy Carp atau lebih dikenal dengan ikan Mas Koi. Merupkan salah satu ikan mas yang bnyak dimanfaatkan sebagai ikan hias kolam. Warna tubuhnya sangat sangat bervariasi dengan corak warna yang beragam. Selain itu bentuk tubuhnya pun agak memanjang sehingga menyerupai torpedo. Salah satu keunggulan ikan mas koi ini adalah warna tubuhnya yang sangat menarik sehingga ikan ini dijadikan sebagai ikan hias utama oeh orang Jepang.

Kandungan Gizi dalam daging Ikan Mas

Selain cita rasanya yang banyak digemari oleh masyarkat ikan mas ini juga memiliki kandungan zat gizi yang cukup lengkap. Sehingga menjadi salah satu altenatif bahan pangan sebagai sumber gizi keluarga. Berikut ini kandungan gizi dalam daging ikan mas :

Kalori 95 kal, Protein 4.5 gram, Lemak 0.2 gram, Karbohidrat 23.1 gram, Kalsium 42 mg, Fosfor 134 mg, Zat besi 1 mg, Vitamin B1 0.22 mg, Air 71 gram

Dengan komposisi dan kandungan gizi yang lengkap tersebut ikan mas ini menjadi salah satu komoditas perikanan yang diperkirakan menjadi andalan suner gizi bagi masyarakat.



Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang IKAN MAS yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar