Senin, 21 Maret 2016

IKAN CUPANG



Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis ikan CUPANG beserta penjelasannya








Ikan Cupang


Ikan Cupang (Betta sp.) di kenal sebagai ikan petarung, agresif dan suka menyerang. Ada beberapa jenis ikan cupang memiliki warna tubuh yang menarik mulai dari bentuk siripnya yang indah sampai gerakannya yang tenang dan beribawah. Ikan cupang di pelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan. Ikan cupang ini habitat aslinya tersebar di wilayah-wilayah Asia tenggara, Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Berunai, Dan Indonesia. Ikan ini banya ditemukan di daerah rawa-rawa, danau, lubuk, sawah, dan selokan yang menggenang.

Kebanyakan penghobbi ikan ini mengenal dengan berbagai jenis nama sebutan yang indah seperti Bulan sepotang (halfmoon), Serit (crown tail), Laga (plakat), Cagak (double tail), dan berbagai variasi silang lainnya. Nama –nama tersebut ditentukan dari bentuk misalnya halfmoon memiliki sirip yang membentuk setengah lingkaran, serit memiliki sirip yang bergigi runcing seperti sisir.

Klasifikasi ilmiah ikan cupang

Dalam klasifikasi ilmiah ikan cupang ini termasuk dalam keluarga Osphronemidae, genus betta, spesies betta sp. Menurut Fish Identification hingga saat ini telah diketahui ada 73 spesies ikan cupang yang terdapat dialam. Spesies-spesies tersebut dikelompokan kedalam kompleks dan pengelompokan ini dibuat untuk tujuan konservasi kemudahan budidaya dan penyilangan (breeding). Pada saat ini terdapat lebih dari 13 kompleks ikan cupang yang paling popular dimasyarakat diantaranya adalah splendens complekx (antara spesies dalam satu kompleks biasanya bisa disillang), splendens complex terdiri dari 5 spesies diantara nya betta stiktos, betta mahachai, betta smaraqdina, betta imbellis, dan betta splendens itu sendiri.

Kebanyakan ikan cupang yang dijual dipasaran berasal dari kelompok  splendens complex. Jenis yang paling popular adalah betta splendens atau sering juga disebut sebagai Siamese fiqhting fish alis ikan petarung dari siam. Beberapa silang dari betta splendens ini menghasilkan jenis-jenis ikan cupang yang menarik.

Jenis ikan cupang popular

Seperti yang telah disinggung sebelumnya untuk para breeder dan penghobi mengelompokan jenis ikan cupang berdasarkan penampakan bentuk dan warna karena untuk setiap hasil silangan yang mempunyai bentuk dan karakter yang khas akan deberikan nama tersendiri dan ini lah gambaran tentang bentuk dari ikan cupang yang paling popular.



Bentuk cupang bedasarkan penilaian kontes Masyarakat cupang Indonesia (MCHII), Dari kiri kekanan :



(1). Halfmoon Seperti namanya jenis ikan cupang ini memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu membentuk setengah lingkaran. Bila kalau kita lihat dari samping sirip ikan halfmoon ini berbentuk seperti bulan setengah dan ikan cupang halfmoon ini dipelihara karena keindahannya yang mempunyai jenis varian warna yang beragam mulai dari merah, kuning, dan varian warna lainnya.

(2). Crown tail (serit) yang ditemukan oleh para breeder di daerah slipi, jakarta. Cupang serit ini menjadi mendunia karena variasi keindahannya yang di sebut crown tail atau ekor mahkota karena apabila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

(3). Plakat (petarung) ini berasal dari istilah kata Thailand yang artinya kurang lebih petarung atau laga. Sesuai dengan namanya jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai ikan cupang aduan karena di  Thailand memang memiliki sebuah tradisi adu ikan cupang yang sudah melegenda. Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai-jumbai seperti serit dan halfmoon karena pendek supaya agar terlihat kokoh dan kekar begitu juga dengan gerakan ikan cupang plakat ini tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

(4). Double tail (cagak) Seperti namanya ikan ini diberi nama double tail karena bagian ekornya terbelah menjadi dua seperti bercagak dua. Jenis ikan ini tergolong sulit dikembangkan karena keberadaannya masih sangat jarang dijumpai di pasaran.

Ikan cupang hias VS ikan cupang aduan

Sebenarnya tidak ada aturan jelas yang membedakan antara cupang hias dengan cupang aduan karena semua splendens complex berkarakter agresif dan bisa diadu jadi tergantung pada sih pemilik ikan cupang karena ikan cupang hias pun sebenarnya bisa menjadi petarung (aduan) yang tangguh dan ikan cupang aduan pun bisa menjadi ikan cupang hias.

Namun meskipun begitu kita bisa memperkirakan karakter dan postur seperti apa yang bisa dijadikan ikan cupang aduan sehingga dengan sedikit latihan ikan cupang tersebut bisa menjadi petarung yang tangguh. Begitu juga dengan ikan cupang hias kita juga bisa memperkirakan ikan seperti apa yang mempunyai bakat sebagai ikan cupang hias.




Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan CUPANG yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar