Senin, 21 Maret 2016

IKAN GUPPY (Ikan Seribu)



Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis ikan GUPPY beserta penjelasannya






Ikan Guppy


Ikan Guppy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias dunia dan ikan guppy adalah anggota dari suku Poecilidae yang memiliki ukuran kecil. Ikan ini juga biasa dikenal dengan ikan gupi, ikan cere, ikan seribu atau ikan suwadakar. Dan ikan ini pun juga sangat mudah untuk menyesuaikan diri serta mudah untuk berkembang biak sehingga di Indonesia sendiri ikan ini menjadi ikan liar. Ikan ini pun juga mudah untuk mendapatkanya yaitu dengan habitat aslinya di tempat-tempat seperti parit,seloka, dll


Ciri-ciri ikan guppy

Ikan guppy memiliki panjang keseluruhan badan 4-6 cm untuk ikan guppy betina sedangkan untuk ikan guppy jantan memiliki panjang keseluruhannya lebih kecil yaitu sekitar 21/2 – 31/2 cm. Ikan guppy jantan mempunyai warna-warna yang cemerlang serta beragam terlebih pada ikan hibrida. Ikan guppy liar warnanya ebih simple walaupun jantannya terus bewarna-warni dengan adanya dua buah bintik hitam seperti mata di segi tubuh serta di bawah sirip sampai di atas sirip dubur. Nah kalau ikan guppy betina liar bertubuh tambun dengan warna kuning agak kecokelatan serta susunan yang membuat pola seperti jala serta perut gendut yang bewarna putih. Untuk ikan guppy jantan dan betina dewasa bisa di bedakan dari bentuk ukuran serta bentuk badannya ataupun dari warnanya (dimorfisme seksual).



Proses reproduksi/pengembang biakan ikan guppy

Ikan guppy merupakan ikan yang sangatlah gampang untuk berkembang biak karena priode kehamilan ikan ini sekitar pada 21-30 hari saja (rata-rata 28 hari) tergantung pada syhu airnya karena suhu air yang paling pas untuk berkembang biak yaitu sekitar 27oC (720F). Ikan gupi memiliki kandungan serta melahirkan anaknya (livebearers) dan sesudah ikan betina dibuahi pada daerah gelap di seputaran anus yang di kenal sebagai ‘bercak kehamilan’ (gravid spot) pasti akan meluas serta menjadi tambah gelap warnanya. Saat mendekati kelahirannya bintik-bintik yang ada pada mata anak-anak ikan bisa tampak dari kulit perut induknya yang tidak tebal serta menerawang. Setiap seekor induk guppy bisa melahirkan anak ikan sekitar 2-100 ekor saja setelah beberapa jam sesudah persalinan induk guppy sudah siap untuk dibuahi lagi.



Setelah keluar dari perut induknya anak-anak ikan guppy ini sudah dapat hidup sendiri serta bisa berenang, mencari makan, dan menghindari musuh-musuh yang akan memengsanya. Anak-anak ikan guppy ini biasanya selalu berhimpun dengan kelompoknya serta dengan ikan-ikan lainnya yang ebih besar tetapi guppy yang sudah dewasa akan tidak segan-segan memangsa anak ikan yang memiliki ukuran yang tambah kecil sehingga jika ikan ini dipelihara di aquarium anak-anak ikan ini sangat perlu untuk dipisahkan dari ikan-ikan yang sudah dewasa. Ikan guppy ini bisa tumbuh dewasa pada usia 1-2 buan saja dan ikan ini bisa berlipat ganda jumblah anggota kelompoknya maka ini disebut ikan seribu.




Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan Lele yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar