Selasa, 29 Maret 2016

IKAN ARCHERFISH (IKAN SUMPIT/PEMANAH)


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan ARCHERFISH (Ikan Sumpit/pemanah)  beserta penjelasannya








ARCHERFISH (Ikan Sumpit/pemanah)

Ikan Archerfish (ikan pemanah) adalah keluarga Toxotidae ikan yang dikenal karena kebiasaan mereka memangsa serangga darat dan hewan kecil lainnya dengan menembak mereka agar jatuh dengan semprotan air dari mulut khusus mereka. Ikan ini terdiri dari tujuh spesies dalam genus Toxotes yang biasanya menghuni perairan payau muara dan mangrove tetapi juga dapat ditemukan di laut terbuka serta jauh ke hulu di air tawar dari India ke Filipina , Australia , dan Polinesia.

Ikan Archerfish atau spinnerfish memiliki badan yang gepeng dengan sirip punggung dan profil garis lurus dari sirip punggung ke mulut. Mulutnya protractile dengan rahang bawah menjorok keluar. Ukuran umumnya kecil sekitar 5-10 cm  namun T. chatareus bisa mencapai 40 cm ( 16 in).




Ikan Archerfish merupakan sniper yang sangat akurat dalam menembak ikan dewasa hampir selalu mencapai target pada tembakan pertama. Mereka dapat menurunkan serangga dan mangsa lainnya yang bertengger hingga 3 m di atas permukaan air. Hal ini disebabkan karena penglihatan yang baik dan juga kemampuan mereka untuk mengkompensasi pembiasan cahaya yang melewati udara - air ketika bertujuan untuk mangsanya. mereka biasanya meludahi mangsanya pada sudut horisontal rata-rata sekitar 74 °  tapi masih bisa bertujuan akurat ketika menembak dengan sudut antara 45 dan 110 °.
Archerfish akan sering melompat keluar dari air dan ambil serangga di mulut mereka jika itu terjadi berada dalam jangkauan . Individu biasanya lebih memilih untuk tetap dekat dengan permukaan air.



Untuk memelihara ikan Archer Fish dibutuhkan akuarium minimal 100 galon dengan kanopi atas tertutup karena ikan ini merupakan jumper. Menyediakan banyak tanaman yang tidak mengganggu permukaan memberi mereka banyak ruang berenang di bagian atas akuarium . Juga , sangat ideal untuk menjaga tingkat ketinggian air akuarium beberapa inci di bawah bagian atas agar memberi mereka ruang untuk berlatih berburu. Ikan ini hidup nyaman dalam air tawar atau air payau.



Makanan ikan ini adalah berbagai item termasuk lemak , serangga hidup , mealworm , dan cacing beku atau kering.






Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Ikan ARCHERFISH (Ikan Sumpit/pemanah) yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar