Minggu, 27 Maret 2016

HIU PAUS




Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Hiu Paus beserta penjelasannya






Hiu Paus

Hiu Paus (Whale Sharks/Rhincodon Typus) Ini adalah salah satu jenis hiu yang termasuk dalam klasifikasi sebagai berikut.

Kingdom: Animalia
Phylum: Chodarta
Kelas: Chindrichtyes
Ordo: Orectolobiformes
Famili: Rhincodontidae
Genus: Rhincodon
Species: Rhincodon typus
Nama international: Whale Shark
Nama lokal: Hiu Paus, Hiu Bodoh, Hiu Geger Lintang, Hiu Totol, Hiu Bintang, dan Hiu Bingkoh



Hiu paus ini bisa sangat mudah dikenali karena berwarna abu-abu dengan totol dan garis-garis berwarna kuning/putih serta kulit yang tebal. Ia juga memiliki tubuh yang sangat besar, hiu paus dewasa bisa mencapai ukuran panjang hingga 20 meter. Kepalanya lebar dan datar dengan mata yang kecil dan lima celah insang yang sangat besar. Mulutnya sangat lebar dengan posisi yang hampir terminal (di depan kepala).

Jenis hiu ini memiliki dua sirip punggung dan dua sirip di bagian dada. Biasanya cuping sirip ekor bagian atas lebih besar dari cuping sirip ekor bagian bawah. Pada bagian atas sisi tubuhnya terdapat guratan-guratan yang menonjol.



Hiu paus betina biasanya berukuran lebih besar dibandingkan hiu paus jantan. Hiu paus betina berukuran besar dapat menghasilkan sekitar 300 embrio dan melahirkan sekitar 12 anakan hiu paus. Saat dilahirkan anakan hiu paus berukuran sekitar 55-64 cm. Yang jantan mencapai usia dewasa ketika ia berukuran lebih dari 6 meter sementara pada betina sekitar 8 meter. Untuk usia hiu paus itu sendiri mengalami pertumbuhan lambat dan dapat mencapai usia sekitar 60-100 tahun.

Hiu paus hidup di perairan hangat/tropis serta memiliki kemampuan bermigrasi dan menetap musiman. Mereka biasa memakan plankton dan ikan-ikan kecil untuk dapat bertahan hidup.



Hiu paus atau yang bernama latin Rhincodon typus merupakan salah satu jenis hiu yang dilindungi sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18/Kepmen-KP/2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus (Rhincodon typus).






Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Ikan Hiu Paus yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar