Jumat, 25 Maret 2016

IKAN BELANAK


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Belanak beserta penjelasannya






Ikan Belanak

Ikan Belanak (Mugil cephalus) – Para ikan belanak atau ikan belanak abu-abu adalah keluarga (Mugilidae) dan urutan pari ikan yang ditemukan di seluruh dunia di perairan beriklim sedang dan tropis pesisir, dan pada beberapa spesies di air tawar.
Ikan belanak telah melayani sebagai sumber penting makanan di Mediterania Eropa sejak zaman Romawi. Keluarga mencakup sekitar 80 spesies dalam 17 genera, meskipun setengah dari spesies hanya dalam dua genera (Liza dan Mugil).
Ikan belanak dibedakan oleh kehadiran dua sirip punggung yang terpisah, mulut segitiga kecil, dan tidak adanya organ gurat sisi. Mereka memakan detritus dan sebagian besar spesies memiliki perut yang luar biasa berotot dan faring kompleks untuk membantu dalam pencernaan.



Ikan Belanak (Mugil cephalus)
Klasifikasi dan penamaan



Taksonomi keluarga saat ini diperlakukan sebagai satu-satunya anggota dari urutan Mugiliformes tetapi sebagai Nelson mengatakan “ada banyak ketidak sepakatan tentang hubungan” keluarga ini.
Kehadiran duri sirip jelas menunjukkan keanggotaan dalam superorder Acanthopterygii dan pada tahun 1960 mereka digolongkan sebagai perciforms primitif sementara yang lain telah dikelompokkan dalam Atheriniformes.

Daerah penyebaran

Menyebar mullet di perairan tropis dan subtropis (FAO, 1974 di Adrim et al., 1988) juga ditemukan di air payau dan kadang-kadang di air tawar (Iversen, 1976). Mullet ditemukan di Pasifik di Fiji, Samoa, Kaledonia Baru dan Australia. Sementara di Asia ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Sri Lanka.



Di Amerika Utara, “mullet” dengan sendirinya biasanya mengacu Mugilidae. Di Eropa kata “mullet” biasanya memenuhi syarat yang “ikan belanak abu-abu” yang Mugilidae dan “ikan belanak merah” atau “surmullets” menjadi Mullidae terutama anggota genus Mullus para ikan belanak merah. Di luar Eropa Mullidae sering disebut “goatfish”.





Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan Belanak yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar