Sabtu, 19 Maret 2016

IKAN LELE LOKAL

Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis ikan Lele beserta penjelasannya









Apa sih Ikan Lele Itu ??? dan  Gimana sih bentuk dari Ikan Lele itu ???

Jenis-jenis Ikan Lele

Ikan lele (Clarias Sp.) banyak tersebar di perairan Asia dan Afrika. Jenis ikan lele ini sangat banyak namu tidak semuanya cocok untuk dibudidayakan dan dikonsumsi. Hanya dari jenis-jenis tertentu saja yang bisa dibudidayakan untuk tujuan konsumsi.

Jenis-jenis ikan lele yang dibudidayakan biasanya memiliki sifat unggul seperti pertumbuhan cepat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu ia harus bisa tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang mempunyai kepadatan tinggi dan kondisi air minim.

Ikan lele banyak hidup di perairan air tawar hingga air payau. Beberepa peternak lele di Pantura Jawa berhasil membudidayakan ikan lele di tambak bekas bandeng dan udang. Pada dasarnya lele hidup secara nocturnal aktif bergerak di malam hari. Di perairan bebas lele berada di tempat-tempat air tergenang yang cenderung tenang seperti rawa, danau dan daerah sungai yang agak terlindung. Biasanya ikan ini memilih tempat-tempat yang teduh dan membuat lubang-lubang ditanah. Ikan lele ini termasuk pada jenis ikan karnivora atau pemakan daging. Di alam ikan ini menyantap cacing, kutu, larva serangga dan siput air.  Pada keadaan tertentu ia bisa memangsa sesamanya alias kanibal. Biasanya lele menjadi kanibal karena tak ada makanan lain dan faktor perbedaan ukuran. Lele yang lebih besar akan memangsa kawanan yang lebih kecil.

Ikan lele berkembang biak dengan telur, dan telurnya dibuahi secara eksternal. Musim perkembangbiakan lele secara massal terjadi diawal musim hujan. Dibeberapa kasus masih membiak sepanjang musim hujan. Ikan lele memilih didorong oleh faktor kelimpahan air dan kualitas air, dimana pada musim hujan air cukup banyak dan kualitasnya lebih baik. Lele juga memilih ketika ada rangasangan berupa bau tanah. Tanah yang terjemur kemudian terendam air akan mengeluarkan bau khas yang merangsang ikan memijah. Kondisi ini biasanya terjadi saat hujan tiba.

 Di Indonesia setidaknya terdapat dua spesies ikan lele yang biasa dibudidayakan masyarakat yaitu spesies Clarias Batrachus dan  Clarias Gariepinus. Dari dua spesies ini di kategorikan sebagai unggulan yaitu Lele dumbo, Lele Sangkuriang, dan Lele phyton. Setiap jenis lele tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing yaitu sebagai berikut :


Lele Lokal



Lele lokal memiliki nama latin yaitu Clarias Batrachus yang merupakan jenis lele yang dikenal luas di masyarakat. Sebelum lele dumbo diperkenalkan di Indonesia para peternak biasanya membudidayakan ikan lele jenis ini. Namun saat ini para peternak sudah jarang membudidaykan lele local karena di pamdang kurang menguntungkan. Dan pertumbuhan lele lokal pun terbilang sangat lambat karena lele loka yang berumur 1 tahun akan kalah dengan lele dumbo yang umurnya 2 bulan.



Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan Arwana semoga postingan ini bisa membantu kalian dan nantikan lagi lanjutan dari "JENIS-JENIS IKAN LELE BESERTA PENJELASANNYA " di postingan yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar