Minggu, 27 Maret 2016

IKAN HIU (SHARK)



Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Hiu (Shark) beserta penjelasannya






IKAN HIU (SHARK)



HIU (SHARK) adalah kelompok ikan ditandai dengan rangka tulang rawan yang terdiri dari 5-7 celah insang di sisi kepala, dan sirip dada yang tidak menyatu dengan kepala. Hiu modern diklasifikasikan dalam clade Selachimorpha (Selachii) dan merupakan kelompok saudara sinar. Namun istilah “hiu” juga telah di kategorikan anggota punah dari subclass Elasmobranchii luar Selachimorpha seperti Cladoselache dan Xenacanthus. Dalam definisi yang lebih luas ini hiu yang dikenal paling awal lebih dari 420 juta tahun yang lalu. Sejak itu hiu telah diversifikasi ke lebih dari 470 spesies. Mereka berbagai ukuran dari lanternshark kerdil kecil (Etmopterus perryi) spesies laut dalam hanya 17 cm (6.7 in) panjang dengan hiu paus (Rhincodon typus) ikan terbesar di dunia yang mencapai sekitar 12 meter (39 kaki) panjang. Hiu ditemukan di semua lautan dan umum untuk kedalaman 2.000 meter (6.600 kaki).




Mereka umumnya tidak hidup di air tawar meskipun ada pengecualian dikenal beberapa seperti hiu banteng dan hiu sungai yang mampu bertahan dan dapat ditemukan di kedua air laut dan air tawar. Dan mereka bernapas melalui 5-7 celah insang. Hiu memiliki tudung dari dentikel kulit yang melindungi kulit mereka dari kerusakan dan parasit di samping untuk meningkatkan dinamika fluida mereka. Mereka memiliki beberapa set gigi diganti.

Spesies terkenal seperti hiu putih besar, hiu harimau, hiu biru, hiu mako, dan hiu martil adalah puncak predator-organisme di bagian atas rantai makanan di bawah air mereka. Banyak populasi hiu terancam oleh aktivitas manusia.

ETIMOLOGI

Sampai abad ke-16 hiu diketahui pelaut sebagai “anjing laut”. Etimologi dari kata “hiu” tidak pasti. Satu teori adalah bahwa hal itu berasal dari xok kata Yucatec Maya diucapkan ‘SHOK’.
Bukti untuk etimologi ini berasal dari Oxford English Dictionary yang mencatat hiu pertama kali datang setelah pelaut Sir John Hawkins dan dipamerkan di London pada tahun 1569 dan diposting “Sharke” untuk merujuk pada hiu besar Laut Karibia.



Namun Inggris Tengah Kamus mencatat kejadian yang terisolasi dari kata hiu (mengacu pada ikan laut) dalam surat yang ditulis oleh Thomas Beckington tahun 1442 yang mengatur keluar etimologi.
Sebuah negara etimologi alternatif yang arti asli kata adalah bahwa dari “predator orang yang memangsa orang lain” dari Schorck Jerman, varian Schurke “penjahat, bajingan” (hiu kartu lih, rentenir, dll) yang kemudian diterapkan pada ikan karena perilaku predator tersebut.

EVOLUSI IKAN

Bukti keberadaan hiu dari periode Ordovisium 450-420000000 tahun yang lalu sebelum vertebrata darat ada dan sebelum banyak tanaman telah menjajah benua.

Hanya skala telah pulih dari hiu pertama dan tidak semua ahli paleontologi setuju bahwa ini berasal dari hiu benar yang mencurigai bahwa skala ini sebenarnya orang-orang dari thelodont agnathans. skala hiu yang berlaku umum tertua berasal dari sekitar 420 juta tahun yang lalu pada periode Silur.
hiu pertama tampak sangat berbeda dari yang modern, mayoritas hiu modern dapat ditelusuri kembali sekitar 100 juta tahun yang lalu. Kebanyakan fosil gigi sering dalam jumlah besar. Kerangka parsial dan bahkan lengkap fosil telah ditemukan.

Perkiraan menunjukkan bahwa hiu tumbuh puluhan ribu gigi lebih dari seumur hidup yang menjelaskan fosil yang berlimpah. Gigi terdiri dari kalsium fosfat mudah fosil sebuah apatit. Ketika hiu mati kerangka membusuk memecah dan hamburan prisma apatit. Pelestarian memerlukan penimbunan yang cepat dalam sedimen bawah.



Di antara yang paling hiu kuno dan primitif adalah Cladoselache dari sekitar 370 juta tahun yang lalu yang telah ditemukan dalam Paleozoic strata di Ohio, Kentucky, dan Tennessee. Pada saat itu dalam sejarah Bumi batuan ini terdiri sedimen bawah lembut besar, laut dangkal, yang membentang di sebagian besar Amerika Utara.

Cladoselache hanya sekitar 1 meter (3,3 kaki) panjang dengan sirip segitiga kaku dan rahang ramping. Gigi hiu memiliki beberapa katup runcing yang mengenakan turun dari penggunaan. Dari sejumlah kecil gigi yang ditemukan bersama-sama kemungkinan besar bahwa Cladoselache tidak menggantikan gigi secara teratur seperti hiu modern.

Sirip ekor yang memiliki bentuk mirip dengan hiu putih besar dan shortfin pelagis dan makos longfin. Kehadiran ikan utuh diatur ekor-pertama dalam perut mereka menunjukkan bahwa mereka adalah perenang cepat dengan kelincahan yang besar. axonomy Percabangan diagram daftar karakteristik yang membedakan termasuk mulut, moncong, duri sirip, dll

Hiu milik superorder Selachimorpha dalam subclass Elasmobranchii di Chondrichthyes kelas. The Elasmobranchii juga mencakup sinar dan sepatu yang Chondrichthyes juga mencakup Chimaeras. Saat ini berpikir bahwa hiu membentuk kelompok polyphyletic Beberapa hiu lebih erat terkait dengan sinar dari pada beberapa hiu lain.





Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Ikan Hiu (Shark) yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar