Jumat, 25 Maret 2016

IKAN BANDENG



Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Bandeng beserta penjelasannya








Ikan Bandeng

Bandeng (Latin: Chanos chanos ataubahasa Inggris: milkfish) adalah sebuah ikan yang merupakan makanan penting di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (kurang lebih tujuh spesies punah dalam lima genus tambahan yang pernah ada dilaporkan).

Ikan bandeng ini hidup di Samudra Hindia dan menyeberanginya sampai Samudra Pasifik mereka cenderung bergerombol di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut untuk 2 – 3 minggu lalu berpindah ke rawa-rawa bakau, daerah payau, dan kadang kala danau-danau. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan muda ini dikumpulkan dari sungai-sungai (disebut nener) dan diternakkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan sangat cepat. Setelah cukup besar bandeng biasanya dijual segar atau beku serta dikukus atau diasap.

Bandeng sebagai makanan

Bandeng bakar, salah satu cara pengolahan bandeng.
Ikan bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih karena rasa dagingnya netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Kelemahan bandeng ada dua yaitu : dagingnya ‘berduri’ dan kadang-kadang berbau ‘lumpur’/’tanah’.

Duri bandeng

Duri bandeng sebenarnya adalah tulang dari bandeng. Duri ini mengganggu kenikmatan dalam memakan dagingnya. Gangguan ini dapat diatasi dengan penggunaan panci bertekanan tinggi (presto atau autoklaf) dalam waktu tertentu sehingga duri ini menjadi lunak dan dapat dihancurkan jika dikunyah.

Bau lumpur



Bau lumpur pada bandeng ini banyak dialami pada bandeng yang diambil dari tambak. Bandeng yang dipelihara di karamba hampir tidak berbau. Bau lumpur dapat diatasi dengan merendam ikan setelah dibersihkan dalam larutan cuka (dua sendok makan) selama sekitar setengah jam.


Klasifikasi ikan bandeng menurut ilmiah :

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Gonorynchiformes
Familia: Chanidae
Genus: Chanos
Spesies: chanos




Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan Bandeng yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar