Minggu, 27 Maret 2016

PARI MANTA


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Pari Manta beserta penjelasannya





Ikan Pari Manta = Manta Birostris

Ikan pari manta adalah jenis spesies pari yang paling besar karena memiliki banyak common name seperti Devil ray, blanketfish, prince alfred ray,dan giant manta. Ikan ini sering disebut Plampangan di daerah pulau Jawa. Sebelumnya para ahli membedakan ikan pari manta ini menjadi tiga spesies yaitu Manta birostris (pari manta Atlantik), Manta hamiltoni (pari manta Pasifik), dan Manta raya (pari manta Pangeran Alfred). Namun setelah dilakukan riset secara genetik dihasilkan kesamaan gen dan Manta birostris ditetapkan menjadi nama ilmiah dari ikan pari manta.



Manta birostris masuk kategori Near threatened (dekat dengan ancaman) oleh IUCN. Meskipun jumlahnya di dunia masih tergolong banyak tetapi trend saat ini yang menunjukkan ikan pari manta banyak diburu untuk diambil bagian tubuhnya sebagai bahan obat dan lain-lain sehingga ditakutkan akan mengancam keberadaan ikan pari manta ini.

Ikan pari Manta birostris

Habitat ikan pari manta berada di lautan tropis di seluruh dunia antara 35 derajat lintang utara hingga 35 derajat lintang selatan di mana pada area tersebut suhu perairan tergolong hangat. Ikan pari manta tergolong ke dalam ikan epipelagik (0-120m) dan dapat hebatnya ikan pari bisa hidup sampai usia 20 tahun.



Anatomi Ikan Pari Manta

Ikan pari manta memiliki tubuh yang pipih, sirip dada lebar (sayap), 5 pasang celah insang di bagian bawah dan ekor kecil tidak bersengat. Lebar sayap ikan pari manta mencapai 7 meter sehingga dapat disebut sebagai ikan pari terbesar dan mempunyai bobot mencapai 3 ton. Manta bergerak memakai sirip dada dengan cara mengombakkannya dari bagian dekat kepala hingga ke belakang tubuh. Ciri khas manta adalah sepasang "tanduk" (sirip sefala) di dekat mulutnya yang berguna untuk membantu memasukan makanan ke dalam mulutnya. Kulitnya dilapisi lendir yang lebih tebal dan ukuran otak lebih besar dibanding ikan pari yang lain.






Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Pari Manta yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar