Sabtu, 12 Maret 2016

JENIS-JENIS IKAN ARWANA BESERTA PENJELASANNYA

Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Lanjutan jenis-jenis ikan arwana beserta penjelasannya dari postingan yang sebelumnya




Apa sih Ikan Arwana Itu ??? dan  Gimana sih bentuk dari Ikan Arwana itu ???

Postingan Part 1 jenis-jenis Ikan Arwana : Silahkan KLIK disini ...  http://cuputehnik.blogspot.co.id/2016/03/jenis-jenis-ikan-arwana-beserta.html


*  Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan salah satu spesies ikan hias dari air tawar yang sangat digemari oleh kalangan tertentu. Ikan ini juga di sebut sebagai “ Ikan Naga ” karena sering dihubungkan dengan naga dari mitologi Tionghoa dimana naga versi cina ini dianggap sebagai symbol kekuatan alam khususnya angin topan. Pada umumnya Ikan Arwana ini dianggap memiliki sifat yang baik selama iya dihormati. Sedangkan naga dalam budaya Kalimantan khususnya suku dayak dan suku banjar dianggap sebagai symbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau tanah dan disebut juga sebagai Naga lipat bumi. Naga ini merupakan perwujudan dari tambun yaitu mahluk yang hidup di dalam air.


Ikan arwana di asia merupakan salah satu ikan hias yang paling di favoritkan dan digemari olleh bnyak kalangan di dunia. Dengan ketahanan fisik yang kuat serta dengan harga yang di bilang cukup mahal, Pecinta ikan arwana yang begitu bnyak menjadikan ikan arwana ini menjadi ikan legenda dan ikan arwana asia ini asli dari sungai-sungai di asia tenggara khususnya di INDONESIA.


Jenis-jenis Ikan Arwana

Arwana Emas, ditemukan Malaysia


Arwana Golden Malaysia ( Malayan bonytongue) atau lebih dikenal dengan sebutan “Cross Back (XBack) Gold Arwana” adalah jenis Arwana Asia (Scleropages Formasus) yang berasal dari Negara Malaysia seperti nama yang di sandungnya (Sepupu) dari Arwana Golden Merah yang berasal dari INDONESIA, jenis arwana ini pun mempunyai cirri-ciri dasar yang hampir sama walaupun tetap ada bedanya. Di habitat asalnya arwana ini juga bias mencapai panjang 90cm.

Ciri-ciri arwana ini mempunyai sirip punggung dan 1/3 bagian atas sirip ekornya bewarna abu kehijauan sedangkan 2/3 bagian sirip ekor dan sirip-sirip lainnya bewarna merah kecoklatan. Bagian ats punggung bewarna gelap ada yang bewarna abu-abu, abu kecoklatan sampai kehitaman. Sisik-sisik bya bewarna dasar biru, hijau, emas/kuning dan platinum dengan cincin (Ring) atau batas pinggir bewarna keemasan. Selain sisik-sisik nya bagian pipi juga bewarna kuning keemasan. Pada arwana dewasa sisik-sisik yang mempunyai cincin keemasan tersebut menutup seluruh tubuh nya sampai ke atas punggungnya seperti terlihat pada arwana super merah. Ada juga arwana jenis ini yang dikatakan sebagai “high grade” atau bekuaitas tinggi mempunyai sisik-sisik bercincin keemasan yang mencapai punggungnya ketika masih berukuran relatif kecil.



 Arwana Merah, ditemukan di Indonesia






Arwana Merah jenis ini memiliki jenis tampilan yang sangat mempesona, sosoknya terlihat gagah dengan wana sirip terang menyala dan menjadikan ikan ini sebagai komoditi andalan ikan hias di air twar Indonesia. Popularitas arwana super red ini benar-benar menanjak beberapa tahun terakhir.

Arwana jenis ini berasal dari Indonesia tepatnya di pulau kaimantan bagian barat di sungai Kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa varietas bedasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabel/cabai (chili red), dan merah orange (orange red).


Arwana jenis ini sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecill yang kemudian akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang, Ring akan mulai terlihat sejak mencapai 25cm namun belum mengeuarkan warna merah. Warna merah pada badan akan mulai keuar saat ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun. Namun para hobbies ini sering kali menggunakan trik-trik untuk membantu mempercepat perkembangan warna seperti tanning, pemberian pakan yang bagus untuk perkembangan warna atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari langsung.

Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan Arwana semoga postingan ini bisa membantu kalian dan nantikan lagi lanjutan dari " JENIS-JENIS IKAN ARWANA BESERTA PENJELASANNYA " di postingan yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar