Selasa, 29 Maret 2016

HIU MARTIL


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Hiu Martil  beserta penjelasannya









Hiu Martil


Nama ikan yang satu ini memang sedikit unik yaitu martil karena biasanya kita mengenal martil adalah sebagai  alat untuk memukul suatu benda seperti batu, paku dan lain-lain. Namun nama martil ini digunakan untuk sesosok predator laut yang hingga kini sangat dikenal oleh masyarakat dunia akan keberadaanya dilautan. Siapa lagi kalau bukan Hiu Martil kenapa bisa dinamai demikian? mungkin karena bantuk wajah bagian depan ikan ini menyerupai martil sehingga dinamakan Hiu Martil (Great Hammerhead Shark). Hiu martil dari genus Sphyrna adalah anggota dari famili Sphyrnidae. Satu-satunya genus selain Sphyrnidae, Eusphyra, terdiri dari hanya satu spesies, Esphyra blochii, winghead shark.




Diantara beberapa spesies ikan jenis ini sembilan spesies lainnya telah diketahui memiliki ukuran panjang antara 2 hingga 6 meter (6,5 hingga 20 kaki) dan pastinya semua spesies memiliki bentuk kepala yang menyerupai martil gepeng.

Dilautan meraka adalah sesosok predator yang begitu agresif dan berburu ikan seperti ikan pari, cumi-cumi, serta udang udangan. Mereka juga banyak tersebar di berbagai benua.
Kepala mereka yang menyerupai martik memberikan keuntungan tersendiri yakni berupa area penciuman yang lebih luas dibandingkan spesies hiu lainnya dan juga dapat meningkatkan potensi untuk menemukan partikel di air atau sensor mereka lebih kuat. Hal inilah yang membuat mereka sanggup sebagai pemburu solo yang ulung.

Reproduksi Hiu Martil

Untuk reproduksi ikan Hiu Martil ini akan terjadi sekali dalam setahun. Hiu ini akan melahirkan berkisar antara 20 hingga 40 anak hiu dalam sekali melahirkan. Untuk cara reproduksinya hiu jantan akan menggigit sang betinanya hingga betina tenang lalu membiarkan masa reproduksi terjadi hal ini tergolong kasar namun begitulah cara mereka.




Embrio berkembang didalam plasenta betina dan akan diberi makan melalui tali pusar hal ini sama layaknya mamalia pada umumnya. Masa kehamilan 10 sampai 12 bulan. Setelah anak-anak hiu dilahirkan sang induk mereka tidak akan tinggal bersama dan mereka ditinggalkan agar dapat mengurus diri mereka sendiri.

Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak.

Spesies-spesies Hiu Martil


Ada beberapa spesies hiu jenis ini yang berbahaya bagi manusia diantaranya scalloped, great, dan smooth hammerhead.






Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Ikan Hiu Martil yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar