Senin, 21 Maret 2016

IKAN DISCUS


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis ikan DISCUS beserta penjelasannya






Ikan Discus

Ikan discus ini memiliki habitat asli dari kawasan sungai Amazon, Amerika serikat. Saat ini ikan discus banyak digemari oleh aquarist (pecinta ikan yang suka memelihara ikannya di aquarium). Tapi sayangnya jenis ikan hias air tawar ini dirasa kurang cocok bagi pemula karena membutuhkan perawatan yang super extra dan dana yang ebih besar dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya.

Discus masih termasuk dalam spesies tropis cichlid yang biasanya tumbuh dengan baik di benua afrika dan discus ini menjadi pengecualian kerena mereka tinggal di berazil, peru, Venezuela, dan Columbia. Bisa dibilang ikan ini keluar dari kebiasaan spesies cichlid namun itulah yang dinamakan keanekaragaman. Ikan ini juga sengat menyukai habitat sungai yang alur airnya tenang dan tidak terlalu deras karena di sungai amazon mereka senang sekali berada diantara ranting-ranting untuk menghindari serangan ikan yang lebih besar dari tubuhnya supaya bisa bertahan dari mereka.


Cirri-ciri ikan Discus

Ikan Discus ini memiliki penampilan yang bisa dikenali kasat mata karena bentuk ikan ini pipih sesuai nama nya disc-us kemudian siripnya besar dan memanjang, bagian mulut dan matanya kecil, warna matanya merah jadi penampilannya terlihat sangar, panjang ikan ini bisa mencapai 15-25 cm. Warna ikan ini bervariasi tergantung dari type ikan tersebut yaitu ada yang warna hijau, merah maupun cokelat dan ditubuhnya terdapat garis-garis vertika yang biasa digunakan untuk mengelabui ikan lain/kamuflase.

Jenis ikan Discus

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh journal of fish biology oleh Bleher et al pada tahun 2007 menyatakan ada 3 spesies baru yang tersingkir atau belum divalidasi adalah sebagai berikut.

(1). Discus hijau/Green discus symphysodon aequifasciatus



Discus hijau/Green discus symphysodon aequifasciatus ditemukan oleh Pallegrin pada tahun 1904 dan ikan ini memiliki habitat asli di wilayah sungai amazon. Area tersebut meliputi sungai puturnayo (peru utara) dan wilayah Santarem hingga danau tefe (brazil). Dan ada sebagian yang menyebut ikan ini dengan istilah tefe deiscus.

(2). Discus biru/Blue discus symphysodon haraldi



Discus biru/Blue discus symphysodon haraldi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1960 oleh Schulz dan ikan ini memiliki habitas asli dibawah sungai amazon yang begitu besar. Orang sering menyebut ikan ini dengan nama Brown Discus karena beberapa dari mereka memiliki warna lain yang menonjol.

(3). Heckle Discus symphysodon discus



Heckle Discus symphysodon discus ikan ini dinamakan oleh penemunya yaitu Dr Johann Heckle pada tahun 1840. Bila anda pernah mendengar sebutan red discus maka itu adalah sebutan lain dari Heckle Discus symphysodon discus yang memiliki habitat asli di wilayah amerika selatan tepatnya di Negara berazil yaitu rio negro, rio trombetas, dan riao abacaxis.



Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang ikan DISCUS yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar