Minggu, 27 Maret 2016

IKAN LAYAR


Oke pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Ikan Layar beserta penjelasannya





Ikan Layar (Istiophorus)

Ikan layar adalah ikan yang menjadi ikan tangkapan favorit bagi banyak pemancing. Ikan ini adalah perencang tercepat dengan kecepatan maksimal mencapai 110 km/jam. Karena sangat cepat dan kuat maka ikan ini memberikan sensasi sendiri bagi pemancing.

Iklan layar merupakan dua jenis ikan pada genus Istiophorus yang memiliki habitat di perairan hangat. Mayoritas berwarna biru keabu-abuan dan mempunyai sirip punggung tegak yang menyerupai layar kapal. Karakteristik ikan adalah moncong yang memanjang hampir sama dengan moncong ikan todak.



Sirip punggung ikan layar biasanya terlipat saat berenang namun bisa mengembang apabila ikan merasa terancam atau sedang aktif yang membuatnya terlihat lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Metode ini juga dapat diamati saat ikan ini makan ketika sekawanan ikan layar menggunakan sirip layar mereka untuk menggiring kumpulan ikan atau cumi guna diburu bersama-sama.
Selain kecepatan renang dan siripnya yang unik ikan ini bisa membuat tubuhnya menjadi biru muda dan memiliki garis-garis kuning hingga membuat bingung mangsa dan memberi isyarat kepada ikan layar lainnya.



Di perairan Indonesia ikan ini ada yang mencapai panjang 2 meter. Nelayan Bukit Pelangi Sangata Kutai Timur, Kalimantan Timur, menemukan dan menangkap dua ikan layar atau marlin saat memancing di kawasan Birah-birahan perairan Sangkulirang dengan panjang masing-masing 2,10 meter dan 1,96 meter serta berat 61 kilogram dan 57 kilogram.





Oke sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Ikan Layar yang saya ketahui semoga postingan ini bisa membantu kalian, Nantikan lagi di postingan saya yang berikutnya hanya di " Welcome To the World Of Fish "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar